AJI Indonesia bekerjasama dengan Google News Initiative dan Internews sedang menyelenggarakan rangkaian Training untuk Jurnalis di berbagai daerah di Indonesia. Fokus dari Training ini adalah mengasah keterampilan peserta untuk memanfaatkan sejumlah tools di internet guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang tidak jelas kebenarannya yang banyak beredar di dunia maya (false news, fake news, hoax).

Para peserta akan belajar beberapa materi yang bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, dan beragam tools yang bisa digunakan untuk melakukan investigasi secara online.  Melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat memanfaatkan berbagai jenis tools bermanfaat tersebut dalam kerja jurnalistiknya. 

Untuk kebutuhan pelaksanaan rangkaian "Google News Initiative Training Network" ini, AJI akan mengadakan Training of Trainers (TOT) tahap 2 yang akan diberikan oleh tim Google News Initiative. Tujuannya adalah untuk melatih jurnalis yang akan menjadi Trainer dalam beberapa pelatihan yang akan diadakan  di sejumlah kota di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2018.  

Training of Trainers (TOT) kedua akan dilaksanakan di Jakarta selama 5 (lima) hari pada tanggal 24-28 April 2018.
Jurnalis yang tertarik mengikuti TOT dipersilakan mengisi formulir pendaftaran dalam Google Form ini. Dengan syarat sebagai berikut:
-  Terbuka bagi jurnalis maupun citizen journalist yang memiliki pengalaman minimal 5 tahun;
-  Bersedia mengikuti rangkaian TOT selama 5 (lima) hari dari tanggal 24-28 April 2018;
-  Bersedia menjadi trainer untuk minimal dua kali training dalam satu tahun di berbagai wilayah di Indonesia.

Panitia akan menyeleksi setiap pendaftar yang masuk, untuk memilih maksimal 25 jurnalis untuk menjadi peserta TOT batch kedua ini. Seluruh peserta yang mendaftar akan mendapatkan email dari panitia terkait diterima atau tidaknya untuk mengikuti TOT ini. Jika ada informasi lain yang ingin ditanyakan, silakan kontak Sekretariat AJI Indonesia melalui telpon 021-3151214 atau email beasiswa.aji@gmail.com dengan subjek: Google News Initiative Training.

Bagi para pendaftar yang telah melakukan pendaftaran di TOT tahap pertama lalu, panitia akan mengikutsertakan kembali berkas pendaftaran anda pada seleksi tahap kedua ini. Namun, jika ingin memperbarui informasi seperti pengalaman, data lain, silahkan untuk melakukan pendaftaran ulang.

Pendaftaran terakhir untuk mengikuti TOT Google News Initiative Training batch kedua ini sampai 8 April 2018. 

Salam,
Panitia AJI Indonesia
 

Formulir pendaftaran: bit.ly/TOTGNI