Jakarta (ANTARA News) - Foto-foto yang mengabadikan beragam aktivitas dalam pemilu kepala daerah (pilkada) di Tanah Air, dipamerkan di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu.


Jakarta (ANTARA News) - Foto-foto yang mengabadikan beragam aktivitas dalam pemilu kepala daerah (pilkada) di Tanah Air, dipamerkan di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu.

Foto hasil jepretan wartawan yang dipajang itu terkumpul melalui kompetisi karya foto jurnalistik bertajuk "Pilkada Dalam Bidikan Lensa" yang diselenggarakan atas kerja sama AusAID dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) .

Pameran ini diselenggarakan untuk lebih mendekatkan warga khususnya di Jakarta, dengan pelaksanaan pilkada.

"Kami ngin berkontribusi dalam prsoses demokrasi di Jakarta. Dan juga gambaran langsung proses pilkada yang telah terjadi," kata Sekjen AJI Suwarjono di Stasiun Gambir.

Hal serupa juga diungkapkan juru bicara Kedubes Australia, Ray Marcelo, bahwa mereka ingin berpartisipasi dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam pilkada.

"Kami bersama dengan pemerintah berusaha meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada DKI nanti," kata Marcelo kepada Antaranews.

Dalam pameran ini, pengunjung stasiun Gambir dapat memilih foto terbaik versi mereka, yang nantinya akan dinobatkan sebagai foto terfavorit.

Sementara itu, dalam kompetisi foto "Pilkada Dalam Bidikan Lensa", dewan juri yang terdiri dari fotografer senior Arbain Rambey, Oscar Motuloh, dan Rully Kesuma, telah menetapkan tiga pemenang utama.

Pemenang pertama adalah wartawan Radar Bangka, Hairul dengan judul foto "Pemilih Penca", pemenang kedua wartawan Jurnal Nasional, Rasdian A. Vadin dengan judul foto "Mencuri Start", dan pemenang ketiga wartawan Okezone.com, Heru Haryono dengan judul foto "DPS Fiktif".

(ans)

Editor: Heppy

Sumber: Antara