Pelatihan Master Class Data Driven Journalism, 9-11 Februari 2018.

Pemred dan Editor Ikuti Master Class Data Driven Journalism

Pelatihan Master Class Data Driven Journalism, 9-11 Februari 2018.


Jakarta - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menggelar Master Class Data Driven Journalism untuk para pemimpin redaksi dan editor senior media, di Hotel Morrissey Jakarta Pusat. Pelatihan ini diselenggarakan bersama independen.id dan didukung CFI Cooperation Medias.

Nara sumber utama dalam pelatihan ini adalah Gurvan Kristanadjaja, jurnalis media Prancis Liberation. Satu pembicara lainnya adalah Adek Media Rosa, tim riset Katadata.co.id.

Gurvan memaparkan sejumlah tools dan pemanfaatannya serta serta bagaimana jurnalisme ini penting dipraktikkan di era digital ini. Sedangkan Adek Media memaparkan pengalaman katadata.co.id dalam menggunakan data serta cara memprosesnya sehingga menjadi karya jurnalistik.

Saat membuka pelatihan ini, Ketua Umum AJI Indonesia Abdul Manan menyatakan, pelatihan ini merupakan salah satu pealtihan jurnalisme data yang dilakukan AJI dalam kurun waktu dua tahun ini. Pada tahun 2016 dan 2017 AJI sudah pernah melakukan setidaknya lima pelatihan jurnalisme data.

Pelatihan ini, kata Manan, merupakan kelas lanjutan dari pelatihan sebelumnya. Pesertanya juga sebagian adalah mereka yang sudah pernah mengikuti pelatihan dasar. Dalam pelatihan ini sebagian pesertanya juga berada pada level pengambil kebijakan. "Penerapan jurnalisme data harus mendapat dukungan dari pengambil kebijakan di media," tambahnya 

Pelatihan ini diikuti 24 peserta dari perwakilan berbagai perusahaan media di Indonesia, berlangsung mulai Jumat hingga Minggu (9-12/2). “Kami berharap para peserta bisa semakin mahir dalam memanfaatkan dan memproses data yang berjibun di internet,” ujar Abdul Manan. (Agus)