AJI Gelar Jakarta Editors Lab 2018 di UMN

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Global Editors Network (GEN) menyelenggarakan Jakarta Editors Lab 2018, Jumat-Minggu (9-11/3). Di acara ini 13 tim media dan universitas akan berlomba-lomba menciptakan prototip media modern atau biasa dikenal sebagai kompetisi hackathon.

 
Hackathon diikuti Tempo.co, JakartaPost, CNN Indonedia, Kompas.com, Suara.com, Beritagar.id, Katadata.co.id, Kabarmakassar.com, Zonautara.com, Radar Bojonegoro, Liputan6.com, IDN Times dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) selaku tuan rumah gelaran  Jakarta Editors Lab tahun ini.
 
Eva Danayanti Direktur Eksekutif AJI Indonesia, dalam sambutannya mengatakan, Jakarta Editors Lab kali ini merupakan gelaran yang ketiga. Di gelaran yang pertama tim pemenang kompetisi ini, Tempo.co,  mewakili Indonesia dan mampu menjadi juara pertama di tingkat internasional. Dia berharap tahun ini pemenang kompetisi Jakarta Editors Lab akan kembali beprestasi di hackathon internasional yang akan berlangsung di Lisbon, Portugal.
 
"Pemenang Jakarta Editors Lab tahun lalu (2017) dari independen.id. Nanti Hesthi (Pemred independen.id) bisa berbagi cerita keseruan hackathon tingkat dunia yang dia ikuti di Austria," ujar Eva.
 
Sebelum kompetisi, para peserta lebih dulu mengikuti workshop internasional bertajuk Journalism and Election. Pemateri pertama adalah Kuek Ser Kuang Keng seorang jurnalis dari Malaysia. Dia menyampaikan materi berjudul Data Journalism Tips and Strategies for Small News Room. Berikutnya Irine Jay Liu dari Google News Lab dengan presentasi mengenai tantangan jurnalisme dengan perkembangan teknologi serta program-programnya. Pemateri terakhir Yekthi Hesthi Murthi, Pemred independen.id serta Koordinator Divisi Advokasi AJI Indonesia yang punya sertifikat trainer dari Google News Lab tersebut memaparkan materi berjudul Perang Melawan Dis-Misinformasi. 
 
Dua hari ke depan, setiap tim media yang terdiri dari jurnalis, designer, dan programmer atau ahli tekhnologi informasi akan berkolaborasi untuk merancang media baru. Prototip media baru ini akan dipresentasikan dan dinilai dewan juri. Pemenang kompetisi ini nantinya berhak mewakili Indonesia untuk mengikuti agenda serupa di Portugal.
 
Sarah Toporoff, Programme Manager GEN, mengaku terkesan dengan penyelenggaraan hackathon di kampus UMN yang sangat hijau dan sejuk. Kemarin dia mempresentasikan apa itu GEN dan hal-hal menarik seputar Jakarta Editors Lab yang sebelumnya digelar.