Tempo.co Juara Editors Lab 2018

Gelaran Jakarta Editors Lab 2018 sudah berakhir. Keluar sebagai juara adalah tim Tempo.co dengan karya sebuah prototip situs web pencari calon kepala daerah. Ini didesain mirip situs pencari jodoh Tinder.

Karya tim Tempo.co yang terdiri Sadika Hamid (jurnalis), Sunardi (desainer), dan Ricky Susanto (ahli IT) dianggap dewan juri paling menarik dan menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia hari ini. Karya tersebut akan mampu membantu generasi muda atau milineal menentukan pilihannya dalam Pilkada maupun Pemilu. Prototip itu didesain untuk mengetahui kandidat-kandidat terbaik yang cocok bagi kaum muda.

“Karya 12 tim lainnya juga bagus-bagus, tapi karya tim Tempo ini benar-benar kita butuhkan untuk menyambut Pilkada serentak 2018,” ujar Titi Anggraini Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), mewakili  tim dewan juri lomba tersebut, di kampus Universitas Multimedia Nasional (UMN) Serpong Tangerang, lokasi Jakarta Editors Lab 2018, Minggu (11/3).

Selain Tempo.co, dewan juri juga memilih Zonautara.com dan Katadata.co.id sebagai tim special mention. Kedua tim mendapatkan hadiah khusus dari AJI Indonesia selaku penyelenggara kegiatan tersebut. Kemarin dewan juri juga mengumumkan Radar Bojonegoro sebagai tim favorit Jakarta Edotors Lab 2018.

Selain Titi Anggraeni, dewan juri gelaran Jakarta Editors Lab 2018 atau biasa disebut sebagai hachathon terdiri dariYosep Adi Prasetyo/Stanley (Dewan Pers), Sarah Toporoff (Programme Manager Global Editors Networks), Irine Jay Liu (Google News Lab), dan Kuek Ser Kuang Keng (Data N, Malaysia).

Jakarta Editors Lab 2018 diikuti 13 tim media dan universitas. Antara lain Tempo.co, JakartaPost, CNN Indonedia, Kompas.comSuara.comBeritagar.idKatadata.co.idKabarmakassar.comZonautara.com, Radar Bojonegoro, Liputan6.com, IDN Times, dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) selaku tuan rumah gelaran Jakarta Editors Lab tahun ini.

Eva Danayanti Direktur Eksekutif AJI Indonesia, dalam sambutannya mengatakan, Jakarta Editors Lab kali ini merupakan gelaran yang ketiga. Di gelaran yang pertama tim pemenang kompetisi ini, Tempo.co, mewakili Indonesia dan mampu menjadi juara pertama di tingkat internasional. Dia berharap tahun ini pemenang kompetisi Jakarta Editors Lab akan kembali beprestasi di hackathon internasional yang akan berlangsung di Lisbon, Portugal.