25 Jurnalis di Pontianak ikut Google News Initiative Training

PONTIANAK - Sebanyak 25 jurnalis mengikuti Google News Initiative Training yang digelar oleh Google News Initiative bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Internews, di Kantor RRI Pontianak Jalan Jenderal Sudirman, Kalimantan Barat, tanggal 14-15 April 2018.

Jurnalis yang mengikuti pelatihan ini berasal dari berbagai platform seperti media online, cetak, tv, dan Radio. Mereka dilatih mengenai bagaimana mengidentifikasi berita hoaks yang tersebar di internet.

Reinardho Sinaga, Sekretaris AJI Pontianak, yang juga merupakan trainer tersertifikasi Google mengatakan, fokus dari pelatihan ini adalah mengasah keterampilan jurnalis untuk memanfaatkan sejumlah tools di internet guna melakukan verifikasi online yang banyak beredar di dunia maya (false news, fake news, hoax).

Peserta juga akan mempelajari berbagai materi bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, serta beragam tools menarik lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan investigasi secara online.

“Setiap informasi atau berita sebaiknya diverifikasi dulu apakah berpotensi hoaks aau tidak, perlu mengidentifikasi konten dan sumbernya.” Tambah Reinardho.

Sehari sebelumnya, Jumat (13/4/2018), AJI Pontianak juga menggelar kegiatan Workshop “Hoax Busting and Digital Hygiene” bagi mahasiswa dan masyarakat umum yan dilaksanakan di Aula LPP RRI Pontianak.

Saat pembukaan acara, Ketua AJI Pontianak, Dian Lestari menatakan kegitan ini dilaksanakan untuk mencegah peredaran hoaks yang semakin masif beredar ditengah masyarakat.

“Berdasarkan informasi dari bidang Cyber Crime Polda Kalbar, sejak Januari-Maret terjadi kenaikan hingga 300 persen informasi hoaks yang tersebar di masyarakat , dibandingkan medio yang sama tahun 2016 lalu. Hal ini diprediksi akan terus meningkat pada saat menjelang hari H Pilkada” kata Dian.  

Pelatihan serupa akan dilakukan di beberapa daerah di Indonesia sepanjang tahun 2018.