#Google News Initiative #Kupang

AJI Bekali Jurnalis Kupang Untuk Verifikasi Berita Hoaks

KUPANG -  Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bekerjasama dengan Internews dan Google menggelar Google News Initiative Training Network untuk jurnalis di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu-Minggu (19-20 Mei 2018).

Sebanyak 25 jurnalis dari berbagai media massa baik nasional maupun lokal di Kota Kupang mengikuti pelatihan tersebut. Para peserta belajar beberapa materi yang bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, serta beragam tools yang bisadigunakan untuk melakukan investigasi secara online.

Alexander Dimoe, Ketua AJI Kupang mengatakan melalui training ini peserta diajak untuk memanfaatkan sejumlah tools Google guna melakukan verifikasi online atas beragam indormasi yang tidak jelas kebenarannya yang ada di dunia maya.

Ia menambahkan, AJI Indonesia bersama dengan Internews yang berpengalaman melakukan pelatihan terhadap jurnalis di berbagai belahan dunia, merasa perlu Jurnalis-jurnalis di Indonesia diperkenalkan lebih dalam dengan berbagai alat yang dimiliki Google.

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat memanfaatkan berbagai jenis tools bermanfaat tersebut dalam kerja jurnalistiknya,” ujar Alex.

Trainer Google News Initiative, Luh De Suryani menjelaskan, tak sedikit warga yang sering terjatuh dalam informasi yang salah. Tingkat kepercayaan warga pada keberadaan media arus utama yang turut menjembatani informasi pun semakin dirasakan menurun.

Di lain sisi, hal tersebut tidak diimbangi dengan keberadaan media alternatif yang akurat dan kredibel. Melalui pelatihan ini kami berbagi praktik terbaik sekaligus membangun kapasitas di kalangan jurnalis untuk melakukan verifikasi online terhadap informasi yang belum jelas kebenarannya,” ujar Luh De.