#AJI Batam #pelaporan ke polisi

AJI Batam Kecam Pelaporan Wartawan ke Polisi

Konferta AJI Batam. Foto: Tribunnews.com


Rabu 14 Januari 2018 wartawan batamnews.co.id dilaporkan ke Polresta Barelang dengan pasal pencemaran nama baik dan fitnah terkait pemberitaan "Pejabat Ditpam Diduga Bekerja Sama dengan Pemenang Lelang" (http://batamnews.co.id/berita-29478-pejabat-ditpam-bp-batam-diduga-kerja-sama-dengan-pemenang-lelang.html)

Dalam hal ini tidak ada hak jawab sebelumnya. Namun setelah itu, Direktur Pengamaanan BP Batam Brigjen Pol Suherman mengirimkan hak jawab pada hari itu juga. Dalam pemberitaan tersebut, batamnews.co.id atau wartawan batamnews.co.id dinilai telah memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik sebagaimana mestinya.

Pagi hari, Kamis 15 Januari 2018, hak jawab dimuat. Pihak BP Batam juga tidak lagi merespon. Namun laporan ke Polresta Barelang hingga saat ini belum dicabut.

Atas kejadian itu, AJI Kota Batam menyatakan:

1. Menyesalkan pelaporan terhadap kepolisian tersebut tanpa memandang UU Pers dengan menyampaikan hak jawab sebagaimana diatur UU Pers tersebut.

Selain itu menyesalkan pihak kepolisian menerima laporan itu tanpa mengindahkan MOU antara Kepolisian, Dewan Pers, serta Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung terkait sengketa pers.

2. Bahwa batamnews.co.id akhirnya sudah memuat hak jawab, namun hingga saat ini pelapor belum mencabut laporannya. (http://www.batamnews.co.id/berita-29500-brigjen-suherman-keberatan-pemberitaan-batamnewscoid-soal-lelang-proyek-jasa-pengamanan-bp-batam.html)

3. Meminta Direktur Pengamanan BP Batam mencabut laporan polisi dan memahami mengenai UU Pers. (http://www.batamnews.co.id/berita-29493-direktur-pengamanan-bp-batam-brigjen-suherman-laporkan-wartawan-batamnewscoid-ke-polisi.html)

4. Meminta polisi dan kejaksaan memahami MOU yang telah disepakati bersama Dewan Pers.

5. AJI Batam akan mempersiapkan aksi bersama sejumlah organisasi pers di Kepulauan Riau

6. AJI Batam meminta Kepala BP Batam Lukita mencopot pejabat yang antidemokrasi dan tak mengerti aturan. 

Hormat Kami,

Koordinator Advokasi AJI Batam, Slamet Widodo

Tembusan: 
Dewan Pers
Kapolri
Kejaksaan Agung RI