Citi Indonesia dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Buka Program

Jakarta, 5 Mei 2017 – Citi Indonesia (Citibank) bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia hari ini membuka program “Master Class Digital Financial Literacy 2018” yang diresmikan oleh Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki dan Sekretaris Jenderal AJI Indonesia Revolusi Riza. Melalui seleksi ketat, kelas ini diikuti oleh 18 jurnalis senior dan editor sebagai perwakilan media nasional dan lokal di Indonesia.

 

Hasil survei yang dilakukan Asosiasi Penyedia Jasa Internet (APJI) pada tahun 2017 menyatakan bahwa 143,26 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet, dari total penduduk Indonesia sebanyak 262 juta orang[1]. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2016, yaitu 132,7 juta jiwa. Sejalan dengan hal tersebut, data dari wearesocial dari tahun 2015 hingga 2017 mengindikasikan bahwa laju adopsi digitalisasi di Indonesia dipicu oleh pengunaan smartphone, termasuk dalam melakukan transaksi perbankan, antara lain mobile payment dan personal wealth management. Laju tren digital dan teknologi dunia pun semakin disruptif dan bergerak cepat, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Fintech Indonesia, saat ini terdapat sekitar 134 perusahaan fintech di Indonesia yang menyasar ke lima sektor, yakni payment landing, capital market, insurance, market processioning, dan peer to peer lending [2].

 

Tren dan percepatan disrupsi inilah yang mendorong Citibak dan AJI untuk mengadakan program “Master Class Digital Financial Literacy 2018” untuk pertama kalinya yang dilaksanakan selama 3 bulan.

 

Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, "Sebagai bank berskala global yang berfokus kepada digitalisasi dan inovasi teknologi perbankan, Citi Indonesia berkomitmen untuk  mendukung dan melaksanakan finansial edukasi dan literasi bagi masyarakat, termasuk akselerasi pemahaman akan digital financial dan digital banking yang berkembang sangat pesat. Pelaksanaan program ini diharapkan dapat mengoptimalkan edukasi kepada masyarakat luas melalui rekan-rekan jurnalis dengan kualitas liputan yang terpercaya, edukatif dan beretika.”

 

Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Revolusi Riza menjelaskan, "Para jurnalis yang berhasil tergabung dalam program ini telah kami seleksi dengan sangat baik dan mempertimbangkan berbagai aspek. Melihat pesatnya perkembangan dunia digital saat ini, para jurnalis harus memiliki kapasitas serta kemampuan pengetahuan yang baik dalam melakukan kegiatan reportase di lapangan. Dengan dimulainya program ini, para jurnalis diharapkan mampu memperoleh pengetahuan baru dalam hal dunia digital, terutama di industri keuangan.”

Revolusi Riza juga mempertegas jika program ini merupakan bagian upaya AJI Indonesia untuk meningkatkan profesionalisme jurnalis. AJI Indonesia memiliki tiga pilar perjuangan yakni, pertama memperjuangkan kebebasan pers; kedua, profesionalisme jurnalis; dan ketiga tentang kesejahteraan jurnalis.

 

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menambahkan,"Bersama Sekolah Jurnalisme AJI, kami menghadirkan modul pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dunia digital mulai dari financial technology (fintech), digital banking, e-commerce, venture capital, e-tax, virtual card accounts, blockchain, data visualization hingga penguatan soft skill  yang diberikan oleh mentor dari AJI. Dengan beragam modul yang berfokus pada teknologi dan inovasi berbasisi digital, kami melihat bahwa tren digitalisasi akan terus melahirkan disrupsi, yang akan mengubah bagaimana cara masyarakat menjalani hidup dan secara makro, hal ini akan mempengaruhi pergerakan roda perekonomian, baik secara global maupun di Indonesia."

 

Sebagai apresiasi terhadap hasil kerja keras yang telah dilakukan selama program berlangsung, akan dipilih karya terbaik dari para jurnalis untuk memenangkan Journalistic Awards di akhir program.

 

--o0o--

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

 

Ananta Wisesa                                                                                     Rochimawati

Head of External Communication                                                     External Relation Department

Citi Indonesia                                                                                        AJI Indonesia                        

corporateaffairs.indonesia@citi.com                                               +62 812 156 11947

                                                                                                                ochi.april@gmail.com